Jasa Pengiriman Punya Pesawat Sendiri di Solo

Lion Parcel Punya Pesawat SendiriOptimis Menjadi yang Terdepan, Slamet Supriyadi : “Meski baru 5 tahun didirikan, Lion parcel optimis bisa bersaing dengan perusahaan kurir yang lebih dulu eksis. Menjadi bagian dari Lion group, perusahaan yang dulunya bernama Lion express ini punya keunggulan dengan memiliki pesawat sendiri yang membuat pengiriman menjadi lebih cepat. Lion parcel juga menggandeng PT Pos Indonesia untuk pengiriman barang ke daerah-daerah terpencil.”

LION PARCEL SOLO PUSAT

Harus diakui pola transaksi e -commerce mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dalam kurun 5 tahun terakhir. Tengok saja berdasarkan data Kementerian Perdagangan nilai!  transaksi yang berhasil dibukukan di tahun 2015 misalnya mampu menembus angka Rp 224 trilyun. Jumlah ini diprediksi akan mengalami pertumbuhan 40% setiap tahun.

Bukan rahasia lagi saat ini hampir semua jenis barang dan jasa bisa ditransfer saksikan melalui pasar online. Mulai dari gadget, fashion, kuliner, elektronik hingga kebutuhan rumah tangga semua tinggal klik di internet. Gaya belanja seperti ini mulai dilirik dan menjadi tren gaya hidup lantaran dianggap lebih mudah dan praktis. Ini menjadi salah satu alasan mengapa bisnis e-commerce terus berkembang sekaligus ikut mendongkrak omzet bisnis jasa kurir di tanah air

Hanya saja laju pertumbuhan e-commerce di tanah air masih terkendala dengan jaringan ekspedisi yang belum menjangkau hingga ke pelosok. Ekspedisi sebagai pendukung utama dari dunia e-commerce semestinya bisa menghubungkan jalur logistik dengan jaringan dan operasional yang menjangkau wilayah Indonesia.

Salah satu perusahaan besar yang bergerak di bidang layanan ekspedisi adalah Lion parcel -salah satu anak usaha milik Lion Group. Lion parcel punya jaringan operasional yang luas dan didukung armada pesawat sendiri sehingga menjangkau ke hampir semua bandara di Indonesia. Perusahaan ini juga memiliki armada operasional darat untuk distribusi pengiriman barang dan dokumen baik skala kecil maupun besar.

“Lion group mendirikan Lion parcel pada tahun 2013. Saat itu kita sudah meramalkan bahwa bisnis online akan tumbuh luar biasa. Amazon dan eBay  sudah sedemikian maju Jauh sebelum Tokopedia, Bukalapak maupun shopee sebesar saat ini. Kita juga memiliki pesawat sendiri, punya bisnis kargo yang utilitasnya masih bisa ditingkatkan. Nah, dengan jaringan Lion Air Group yang sudah dibangun sampai ke pelosok, Lion parcel didirikan untuk menciptakan terobosan baru,” ujar Farian Kirana,  CEO Lion parcel.

Farian mengakui peta Persaingan di bisnis ini sangat ketat. Bukan hanya pemain lama yang terlibat, tapi juga perusahaan startup, perusahaan dari luar termasuk kurir lokal pun turut meramaikan kompetisi. Dari sekian banyak pemain yang ada, Farian menyebut beberapa nama yang menjadi kompetitor utama karena memiliki jaringan bisnis yang cukup luas. “ tapi kita yakin dengan kekuatan yang ada serta dukungan infrastruktur yang sedang dibangun Lion parcel bisa menjadi salah satu pemain penting dalam bisnis pengiriman ini dan optimis menjadi yang terbaik, “ jelas Farian

Sebenarnya salah satu tujuan didirikannya Lion parcel adalah untuk membantu bisnis usaha kecil menengah (UKM) dalam mendistribusikan produk-produk mereka ke seluruh Indonesia. keinginannya itu diutarakan Rusdi Kirana, co-founder lion grup yang prihatin bahwa banyak sekali produk UKM yang menarik di daerah, tapi kesulitan dalam pemasaran produknya. keberadaan Lion parcel paling tidak menjadi solusi bagi UKM untuk memperkenalkan produk-produk miliknya.

Untuk menjangkau bisnis UKM yang jumlahnya sangat besar, Lion parcel harus membangun agen penjualan (point of sales) yang menjangkau ke seluruh pelosok tanah air. Mereka ini kepanjangan tangan Lion parcel untuk lebih dekat dengan customer. Perlahantapi pasti jumlah agen terus bertambah yang kini angkanya mencapai 4500-an P.O.S (Point of Sales) atau mitra. Jika melihat respon positif dari masyarakat, Farian optimis target 8000 P.O.S (Point of Sales) pada tahun 2018 ini bakal tercapai.

“Kita menggandeng mitra dengan orang-orang di daerah. awalnya mereka adalah travel agent Lion Air dan agen kargo. tapi bisnisnya sempat terguncang dengan maraknya penjualan tiket melalui online. omzet mereka pun menurun drastis. kita punya inisiatif mengajak mereka menjadi mitra Lion parcel untuk menunjang bisnis awal mereka yang saat ini lesu. dan kita gembira dengan sambutan dari mereka yang sangat antusias untuk bergabung,” tutur Farian.

Farian menyadari sebagai perusahaan kurir pihaknya harus mampu menggaet kepercayaan dari konsumen. jika satu kali saja membuat kesalahan akibatnya akan fatal. kepercayaan itu termasuk kemampuan dalam mengirim barang hingga ke daerah terpencil. ketika kita tidak mampu memenuhi permintaan itu bisa dipastikan konsumen tidak akan mempercayakan pengiriman barangnya meski dengan segudang promosi yang ditawarkan.

“Saya contohkan ketika ibu-ibu hendak mengirim barang, mereka tidak mau tahu bagaimana caranya barang itu bisa terkirim. sekali kita terima dan nggak bisa terkirim maka mereka nggak akan pakai kita lagi. untuk itu kita harus membuka jaringan seluas mungkin agar bisa menjangkau di pelosok yang sulit sekalipun. kita punya solusi untuk itu dengan menggandeng PT pos Indonesia,” tambah jebolan universitas pelita harapan ini.

Lion parcel memang sebelumnya sudah menandatangani kerja sama dengan PT pos Indonesia untuk pengiriman paket di lebih dari 118 area pelosok (forward area) di bawah jaringan PT pos Indonesia yang selama ini belum bisa dijangkau Lion parcel. secara teknis, semua barang kiriman ke daerah yang belum ada jaringan milik Lion parcel maka akan diteruskan dengan menggunakan jaringan PT pos Indonesia. dari kantor tujuan awal ke kantor penerusan kiriman menggunakan layanan pos kilat khusus.

“Kami sangat bangga dapat menjalin kemitraan bisnis dengan PT pos Indonesia, terutama menjawab tantangan serta peluang pasar dan tuntutan pelanggan yang semakin dinamis. kerjasama ini sekaligus menyediakan kemudahan bagi pertumbuhan e-commerce yang pesat dengan era digitalisasi, sehingga memberikan dampak positif yaitu pelanggan semakin dimudahkan dalam melakukan pengiriman paket ataupun dokumen, “kata Farian.

PT pos Indonesia akan memperoleh alokasi ruang kargo dan tarif angkutan udara dengan menggunakan layanan udara niaga berjadwal di Lion Air group yang melayani penerbangan dari Sabang hingga Merauke, dari Talaud sampai ke pulau Rote. keberhasilan Lion parcel menggandeng PT pos Indonesia tentu sebuah prestasi tersendiri. pasalnya, selain jangkauannya lebih luas resiko jika ada masalah dalam pengiriman juga akan lebih mudah diselesaikan.

“Jika ada persoalan di kemudian hari pihak yang kita minta pertanggungjawaban sudah jelas titik berbeda jika kita bekerjasama dengan kurir daerah. Dan selama 3 bulan ini respon yang sangat baik pengiriman juga lancar. Mereka bisa mengikuti KPI (key performance indicator) yang kita tetapkan dan anggapan bahwa pt.pos Indonesia lambat ternyata tidak terbukti, “pungkas Farian bangga.

lion parcel solo

Saat ini banyak Konsolidator Lion Parcel yang sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia termasuk salah satunya di Kota Solo. Lokasi Konsolidator Solo cukup strategis karena terletak di pinggir jalan raya utama yaitu tepat di Jl. Adisucipto 57A Gajahan Colomadu. Saat ini Konsolidator Lion Parcel Solo beroperasi dibawah pimpinan Bapak Raditya Priangga Dewa dan sudah berjalan sejak tahun 2013. Tahun ke tahun Konsolidator Lion Parcel Solo berkembang pesat, pasalnya ratusan orang sudah bergabung menjadi mitra POS Lion Parcel Solo. Dengan service free pick-up dan punya pesawat sendiri, Lion Parcel Solo memiliki keunggulan dibandingkan ekspedisi lain.

Lion Parcel Solo telah mendapatkan reputasinya sebagai jagoan terkuat jasa pengiriman barang Indonesia terbaik. Dengan armada sendiri, pelaku bisnis dan bahkan individu dengan cepat beralih ke model pengiriman barang langsung titik ke titik milik Lion Parcel Solo karena model layanannya yang lebih cepat dan lebih fleksibel dikombinasikan dengan harga yang sangat rendah dan transparan.

Jasa ekspedisi Lion Parcel Solo berusaha memberikan perpaduan yang harmonis antara penggunaan teknologi digital dan pelayanan di bidang logistik. Kami akan selalu melakukan peningkatan dan perbaikan terkait pelayanan kami agar nantinya para pelanggan dapat menggunakan jasa kami dengan nyaman. Lion Parcel Solo juga didukung para mitra pengemudi yang telah menjalani beberapa tahapan tes standard untuk mendapatkan pengemudi terbaik. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dan bingung untuk mempercayakan pengiriman Anda pada Lion Parcel Solo.